PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA PESANTREN TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU PADA SMP DARUL LUGHAH WAL KAROMAH KRAKSAAN PROBOLINGGO
Abstract
Keywords: leadership, culture, employee performance
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Pesantren Terhadap Motivasi Kerja Guru Pada SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan data primer dan dilakukan dengan metode observasi beserta kuesioner pada SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengajar dan staf SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo yang berjumlah 47 orang. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Analisis data menggunakan Analisis Deskriptif, Uji Instrumen Penelitian, Pengujian Hipotesis, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linear Berganda, dan Analisis Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kepemimpinan dan budaya secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi kerja pada SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo. Sedangkan hasil uji secara parsial dengan uji t menunjukkan bahwa, variabel kepemimpinan dan budaya yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel motivasi kerja pada SMP Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo.
Kata kunci : kepemimpinan, budaya, kinerja karyawan
Full Text:
PDFReferences
Amirullah. (2015). Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana.
Arikunto, Suharsimi, (2002) Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta.
Basyarahil, As Suwaidan Faishal Umar, Thariq Muhammad. Sukses Menjadi Pemimpin Islami. Shina’atu Al-Qa’id. Terj: Samson Rahman. 2005. Jakarta: Magfirah Pustaka.
Bush, D, dkk, (2006), Leadership and Strategic Management in Education, (Terj: Fahrurrozi). Manajemen Strategis Kepemimpinan Pendidikan, IRCiSoD, Yogyakarta.
Creswell, J. W. (2009). Research Design : Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Danim, Sudarwan, (2006), Visi Baru Manajemen Sekolah Dari Unit Birokrasi ke Lembaga Akademik, PT Bumi Aksara, Jakarta.
Djalil, Abdul, (1999),
Djamarah, Syaiful Bahri, (1994) Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru, Usaha Nasional, Surabaya.
Djohar, (2003), Pendidikan Strategik: Alternatif Untuk Pendidikan Masa Depan, LESFI, Yogyakarta.
Fatah Nanang, (2004) Landasan Manajemen Pendidikan, PT Rosdakarya, Bandung.
Hadi, Djajusman, (2006), Menyambut PP Guru Dosen dan Konsekwensinya, Jawa pos. Kamis, 11 Mei 2006.
Hamalik, Oemar, (1992), Psikologi Belajar dan mengajar, Sinar Baru, Bandung.
Hasan, M. Iqbal, (2002), Metode Peneltian dan Aplikasinya, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Hasbullah, (2006), Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan, PT Raja Grafindo, Jakarta.
Huda, M. Nurul, (2002), Tesis, Kepala Sekolah Sebagai Aktor Perubahan (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri 3 Malang), Program Pasca Sarjana UIN Malang
Jarmanto, (2000), Kepemimpinan Sebagai Ilmu dan Seni, Liberty, Yogyakarta.
Kartono, Kartini, (2004), Pemimpin dan Kepemimpinan. Apakah Kepemimpinan Abnormal itu?, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Kepemimpinan dan Inovasi Pendidikan Islam, Studi Kasus Pada Madrasah Ibtidaiyah Malang I, Tesis, Program Pasca Sarjana UIN Malang
MacBeath, Peter, dkk, (2001), Improving School Effectiveness, (Terj: Nin Bakdi Soemanto), PT. Grasindo, Jakarta.
Mahmud, M. Eka, (2001), Tesis, Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pelaksanaan Inovasi Pendidikan (Studi Kasus di MIJS), Program Pasca Sarjana UIN Malang.
Mantja, Willem, (2000), Manajemen Pendidikan dalam Era Reformasi, Jurnal Ilmu Pendidikan,7 (2)
Mohyi, Achmad, (2003), Teori dan Perilaku Organisasi, UMM Press, Malang..
Muhadi, Abd. dkk, (2005), Studi Kepemimpinan Islam (Telaah Normatif & Historis), Putra Mediatama Press, Semarang.
Mulyasa, E., (2002), Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Mustaqim dan Abdul Wahib, (1991), Psikologi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Nawawi, Hadari, (2001), Kepemimpinan Menurut Islam, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Nurkholis, (2003), Manajemen Berbasis Sekolah, PT Grasindo, Jakarta.
Purwanto, Ngalim, (2003), Psikologi Pendidikan, Remaja Rosda Karya, Bandung.
Sabri, M. Alisuf, (2002), Psikologi Pendidikan berdasarkan Kurikulum Nasional, Pedoman Ilmu Jaya, Jakarta.
Shohib, (2001), Tesis, Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Inovasi Lembaga Pendidikan Madrasah (Studi Kepemimpinan Abdul Djalil, Program Pasca Sarjana UIN Malang.
Siagian, Sondang P, (2003), Teori dan Praktek Kepemimpinan, PT. Reneka Cipta, Jakarta.
Soemanto, Wasty, (2003), Psikologi Pendidikan Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
Sudarmanto, R. Gunawan, (2008), Analisis Regresi Linier Ganda dengan SPSS Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sudjana, D., (2004), Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Falah Production, Bandung.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Suharjo, (1987), Inovasi Pendidikan dan Aktualitasnya dalam pembangunan Nasional, Majalah Pendidikan. XIV (18).
Sukandarrumidi, (2004), Metodologi Penelitian; Petunjuk Praktis Untuk Peneliti Pemula, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta.
Syaefuddin, Aas, (1998), Kinerja Kepala Sekolah Dasar dalam Melaksanakan Supervisi Pengajaran, Jurnal Ilmu Pendidikan. 5 (2).
Syafiie, (2000), Al Qur’an dan Ilmu Administrasi, PT Rineka Cipta, Jakarta.
Tanthowi, Jawahir, (1983), Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran Alqu’an, Pustaka Al-Husna, Jakarta.
Thoha, Miftah, (2004), Kepemimpinan dalam Manajemen, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Triantoro, (2004) Kepemimpinan, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.
Wahjosumidjo, (2005), Kepemimpinan Kepala Sekolah, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Yamin, Martinis dan Maisah, (2010), Standarisasi Kinerja Guru, Gaung Persada, Jakarta.
Yukl, Gary, (2002), Leadership in Organizations, Prentice Hall, New York.
DOI: http://dx.doi.org/10.51881/jam.v21i1.266
Refbacks
- There are currently no refbacks.